TRAINING ORGANIZATION DEVELOPMENT DI JAKARTA

TRAINING PENGENALAN ORGANIZATION DEVELOPMENT DI JAKARTA

TRAINING PENGEMBANGAN ORGANISASI DI JAKARTA

pelatihan Organization Development di jakarta

DESCRIPTION

Organisasi  dituntut  untuk terus berkembang jika ingin tetap bertahan
(survive),  Pengembangan  organisasi  memfokuskan  pada perubahan, dan
perubahan  merupakan  hal  yang  tidak  dapat  dihindarkan oleh setiap
organisasi.  Setiap  organisasi  akan  merubah  dirinya  sesuai dengan
tuntutan  lingkungan  yang ada. Organization Development (Pengembangan
Organisasi)    adalah    suatu    proses   yang   direncanakan   dalam
mengembangkan/mengubah/memodifikasi   organisasi  agar  lebih  efektif
dalam  rangka  pencapaian  tujuan  organisasi/perusahaan. Organization
Development (OD)Â secara garis besar meliputi 3 (tiga) hal yang saling
terkait, yakni :
1. Perilaku Organisasi (Organization Behavior)
2. Struktur Organisasi (Organization Structure)
3. Sistem Proses Organisasi (Organization System & Process)

Pengembangan  organisasi,  dari hari ke hari semakin menjadi aktivitas
yang  krusial bagi Perusahaan. Perkembangan lingkungan organisasi yang
begitu   cepat   sulit   dibendung  efeknya  bagi  organisasi.  Karena
satu-satunya cara adalah untuk organisasi bisa secara berkesinambungan
melakukan   respon   optimal  terhadap  berbagai  perubahan  tersebut,
termasuk perubahan kepentingan dari para stake holders.

Sistem,  orang dan budaya selalu menjadi 3 faktor yang akan menentukan
competitive  advantage  seperti  apa  yang  akan  dibangun Perusahaan.
Recruitment  yang  berhasil  mendatangkan  orang yang berkualitas akan
menjadi  ‘percuma’  bila  sistem yang ada di Perusahaan tidak bisa
memfasilitasi  munculnya  kinerja yang diharapkan dari orang tersebut.
Organization  Development  Professionals mempunyai peran sentral dalam
membantu  mengelola  perubahan  organisasi  yang ada agar selalu dapat
menjadi   ‘wadah’   yang   memfasilitasi  munculnya  kinerja  yang
diharapkan.

Pengembangan  Organisasi  di  dalam sebuah organisasi merupakan payung
bagi  Divisi  Human Resource untuk melakukan aktifitas operasionalnya.
Dalam  tugas  ini,  organisasi  development bertugas menjembatani atau
mensosialisasikan  strategi perusahaan kepada semua divisi yang ada di
organisasi.

Dalam   implementasi   strategi   perusahaan,   program   Pengembangan
Organisasi menjembatani dalam tanggung jawabnya mengembangkan struktur
organisasi,  budaya  organisasi dan fungsi-fungsi yang ada dalam Human
Resource   Management.   Disajikan   bersama   contoh  aplikatif  dari
kasus-kasus  lokal,  pelatihan ini akan available untuk dijadikan para
praktisi  MSDM  sebagai  benchmark permasalahan yang pernah dialami di
perusahaannya.  Setelah mengikuti pelatihan ini, anda diharapkan mampu
menjadi konsultan internal di perusahaan masing-masing.

Â

OBJECTIVES
* Peserta   mampu  menjembatani  program-program  HR  pada  strategi
organisasi
* Peserta mampu melakukan teknik-teknik pengembangan organisasi

Â

COURSE OUTLINE

1. Organization Development merupakan jawaban terhadap perubahan

2.   Definisi,  peran  dan  job  desc  dari  Organization  Development
Professionals

3. Kompetensi dan skill yang dibutuhkan untuk berhasil

4.   Membuat  perencanaan  dan  evaluasi  dari  suatu  unit/department
Organization Development (OD)

5.  Meningkatkan efektivitas keterkaitan antar department Organization
Development dan unit-unit organisasi lainnya

6. Mengaitkan inisiatif Organization Development dengan arah strategis
perusahaan

7.  Analisis  kepentingan  stake  holders  dan  inisiatif Organization
Development (OD)

8. Prinsip-prinsip dalam mengelola perubahan organisasi

9.  Mengevaluasi  kesiapan  organisasi  untuk  berubah  dan menentukan
strategi perubahan

10.  Tahapan  dan  metode  audit organisasi & proses identifikasi SWOT
organisasi

11.  Mengelola  proses perubahan organisasi dan mempersiapkan struktur
untuk mendukung perubahan

12. Mengoptimalkan komponen Organization Development
* Organisasi,  Proses  Tools, Link antara Sistem, Organisasi, People
Budaya Perusahaan

13. Berbagai tools dan intervensi dalam Organization Development (OD)

14. Link antara job, struktur, komponen dan desain organisasi

15.  Mengembangkan  organisasi  secara  berkelanjutan melalui learning
organization dan knowledge management

16. Kunci Organization Development yang berhasil

17.  Membuat  perencanaan  dan  evaluasi  dari  suatu  unit/department
Organization Development

18.  Bagaimana  mengaitkan  inisiatif  Organization Development dengan
arah strategis perusahaan

19.  Analisis  kepentingan  stake  holders  dan inisiatif Organization
Development

20. Metodologi pengumpulan data di dalam Organization Development

21.  Memonitor  dan mengukur efektivitas suatu intervensi Organization
Development

22. Memahami berbagai komponen sistem :
* Kompetensi, Sturktur Gaji dan Reward, Sistem Karir, dll
* Proses menentukan prioritas intervensi

23.  Mengembangkan  organisasi  secara  berkelanjutan melalui Learning
Organization Knowledge Management

24. Efektivitas organisasi
* Misi dan sasaran organisasi
* Daur hidup organisasi
* Pengukuran efektivitas organisasi

25. Desain Struktur Program
* Teori  Organisasi, Desain Struktur Organisasi atas Dasar Strategi,
Ukuran,   Lingkungan,   Teknologi,   Kekuasaan   Politik,   Budaya
Perusahaan, Manajemen Evolusi Organisasi

26. Pengembangan dan Perubahan Organisasi
* Proses Pengembangan Organisasi
* Agen Perubahan
* Diagnosis Organisasi
* Hambatan Terhadap Perubahan
* Strategi Perubahan
* Teknik Intervensi

27. Perilaku Organisasi
* Perilaku Individu, Sikap dan Kepuasan Kerja
* Motivasi, Menumbuhkan Komitmen, Perilaku dan Dinamika Kelompok
* Manajemen Konflik, Manajemen Stress, Manajemen Perilaku Organisasi

28. Pengembangan Budaya
* Pengertian budaya organisasi
* Unsur-unsur   dalam   budaya  organisasi  dan  faktor-faktor  yang
mempengaruhi
* Identifikasi dan pengembangan budaya organisasi
* Peran Pemimpin dalam menanamkan budaya organisasi
* Proses sosialisasi dan pemeliharaan budaya organisasi

29. Manajemen Sumber Daya Manusia
* Perencanaan Sumber Daya Manusia
* Analisa dan Evaluasi Jabatan
* Rekrutmen dan Wawancara
* Sistem Pengimbalan
* Penilaian Prestasi Kerja, Pendidikan
* Pengembangan
* Perencanaan Karir

Â

PARTICIPANT

Para Praktisi SDM, Khusus Bagian Pengembangan Organisasi

TRAINING METHOD

Presentation

Discussion

Case Study

Evaluation

 

Lokasi Pelatihan Tahun 2021 :

Yogyakarta, Hotel Dafam Seturan

Jakarta, Hotel Amaris La Codefin Kemang

Bandung, Hotel Grand Serela Setiabudhi

Bali, Hotel Ibis Kuta

Lombok, Hotel Jayakarta

Catatan :

  • Waktu pelatihan Dua+1* hari dengan Biaya tersedia untuk Perorangan, Group, dan Inhouse Training, belum termasuk akomodasi/penginapan.
  • Untuk biaya dan jadwal training harap menghubungi marketing kembali

 

 

Investasi training:

Investasi pelatihan selama dua hari tersebut menyesuaikan dengan jumlah peserta (on call). *Please feel free to contact us.

 

Apabila perusahaan membutuhkan paket in house training, anggaran investasi pelatihan dapat menyesuaikan dengan anggaran perusahaan.

 

Fasilitas training:

Free Penjemputan dari bandara ke hotel*.

Modul / Handout.

Flashdisk*.

Certificate of attendance.

FREE Bag or bagpacker.

Training Kit (Photo Documentation, Blocknote, ATK, etc).

2x Coffe Break & 1 Lunch.

Souvenir .