Training Administration and Electronic Filing System
Training Penyempurnaan Fungsi Kepatuhan, Perbaikan Kerangka Prosedur dan Identifikasi Kinerja

Pelatihan Penyempurnaan Fungsi Kepatuhan, Perbaikan Kerangka Prosedur dan Identifikasi Kinerja

Training Penyempurnaan Fungsi Kepatuhan, Perbaikan Kerangka Prosedur dan Identifikasi Kinerja

   Pendahuluan Pelatihan Penyempurnaan Fungsi Kepatuhan, Perbaikan Kerangka Prosedur dan Identifikasi Kinerja

   Bank  sebagai  lembaga  yang highly regulated wajib memastikan seluruh

   regulasi,  baik yang diterbitkan OJK maupun BI dapat dijalankan dengan

   benar,  mengedepankan  fungsi  preventif,  dan memiliki target kinerja

   yang terukur. Idealnya, divisi/unit ini terdiri dari individu-individu

   yang menguasai dan memahami seluk beluk regulasi, baik dalam tata cara

   penanganannya   maupun   mengantisipasinya   sehingga  dengan  potensi

   sanksi/pinalti/denda  yang  ditetapkan  dalam aturan tersebut. Seluruh

   potensi  risiko  tersebut dapat dikendalikan jika proses pemahaman dan

   sosialisasi berjalan sebagaimana mestinya.

   TUJUAN

    1. Memperoleh masukan (perbaikan) untuk penyempurnaan SOP Kepatuhan.

    2. Mencegah  terjadinya  kegagalan/kelalaian  bank  memenuhi regulasi

       yang berlaku.

    3. Secara  strategis  mampu melakukan pemetaan (pembentukan kelompok)

       regulasi  (BI  dan  OJK)  yang memiliki dampak tertentu, khususnya

       yang  berdampak  signifikan secara finansial (denda) sampai dengan

       yang bersifat normatif.

    4. Peserta  dapat  melakukan pengawasan yang stratejik, yaitu melalui

       profiling  karakter  regulasi,  dimulai dari yang sangat sederhana

       sampai dengan mengandung unsur self assessment.

   MATERI  Training  Penyempurnaan  Fungsi  Kepatuhan, Perbaikan Kerangka

   Prosedur dan Identifikasi Kinerja

   1. Esensi Fungsi Kepatuhan dan Manfaat Terbentuknya

   2. Pemetaan Regulasi Berdasarkan Risiko dan Urgensinya

     * Kategori Regulasi: Penting dan Mendesak

       Bank  wajib  memahami  secara  utuh  dan  mendalam  regulasi  yang

       tergolong  dalam  kategori ini, baik bentuk implementasi, laporan,

       dan  sanksinya,  selain  itu  harus  mampu disosialisasikan dengan

       sempurna  kepada  para  pihak terkait. Regulasi ini wajib dipantau

       secara  rutin  (setiap  hari/minggu/bulan) guna mencegah kegagalan

       implementasinya.

     * Kategori Regulasi: Penting dan Tidak Mendesak

       Bank  wajib  memahami  secara  utuh  dan  mendalam  regulasi  yang

       tergolong  dalam  kategori  ini,  tetapi  memiliki ruang waktu dan

       ruang  implementasi  yang  relatif  masih  leluasa  sehingga dapat

       direncanakan  lebih  berhati-hati  dan  disesuaikan  dengan jadwal

       unit/divisi  terkait. Review implementasi regulasi dapat dilakukan

       setiap bulan/ triwulan/semester.

     * Kategori Regulasi: Kurang Penting dan Mendesak

       Kategori  ini  memberikan  informasi  regulasi yang mendesak untuk

       dilaksanakan tetapi memiliki dampak yang relatif tidak signifikan,

       baik bagi kesehatan bank dan besaran risiko/sanksinya.

     * Kategori Regulasi: Tidak Penting dan Tidak Mendesak

       Kategori  ini  relatif  berbeda-beda  untuk  setiap  bank,  sangat

       ditentukan dengan syarat tertentu yang harus dipenuhinya, misalnya

       sesuai   dengan  kelompok  BUKU  bank,  jenis  (kepemilikan),  dan

       faktor-faktor  lainnya  sehingga  regulasi pada kelompok ini dapat

       saja diabaikan (sekedar untuk diketahui).

   3. Analisa Struktur Prosedur Kerja (SOP) dalam Divisi Kepatuhan

     * Kerangka (outline) yang wajib dipenuhi

     * Sub/Bagian yang wajib diperhatikan agar konsisten disempurnakan

     * Contoh Draft SOP Kepatuhan

   4. Alat Ukur Kinerja Divisi Kepatuhan dan Cara Sederhana Pengukurannya

   METHOD TRAINING

   Presentation

   Discussion

   Case Study

   Evaluation

Lokasi Pelatihan Tahun 2021 :

Yogyakarta, Hotel Dafam Seturan

Jakarta, Hotel Amaris La Codefin Kemang

Bandung, Hotel Grand Serela Setiabudhi

Bali, Hotel Ibis Kuta

Lombok, Hotel Jayakarta

Catatan :

  • Waktu pelatihan Dua+1* hari dengan Biaya tersedia untuk Perorangan, Group, dan Inhouse Training, belum termasuk akomodasi/penginapan.
  • Untuk biaya dan jadwal training harap menghubungi marketing kembali

Investasi training:

Investasi pelatihan selama dua hari tersebut menyesuaikan dengan jumlah peserta (on call). *Please feel free to contact us.

Apabila perusahaan membutuhkan paket in house training, anggaran investasi pelatihan dapat menyesuaikan dengan anggaran perusahaan.

Fasilitas training:

Free Penjemputan dari bandara ke hotel*.

Modul / Handout.

Flashdisk*.

Certificate of attendance.

FREE Bag or bagpacker.

Training Kit (Photo Documentation, Blocknote, ATK, etc).

2x Coffe Break & 1 Lunch.

Souvenir .