pelatihan Excel Dashboard with Power Pivot and Power View online

TRAINING ONLINE RISK MANAGEMENT IN IMPORT BUSINESS PROCEDURE

TRAINING ONLINE RISK MANAGEMENT IN IMPORT BUSINESS PROCEDURE

TRAINING ONLINE RISK MANAGEMENT IN IMPORT BUSINESS PROCEDURE

syarat dokumen impor

DESKRIPSI TRAINING WEBINAR MANAJEMEN RISIKO

Kementerian Perdagangan menyederhanakan proses perizinan impor dengan melakukan deregulasi melalui penerbitan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 70/M-DAG/PER/9/2015 tentang Angka Pengenal Importir (API). Dengan diterbitkan peraturan tersebut, secara otomatis mencabut Permendag No.27/M-DAG/PER/5/2012 tentang Ketentuan Angka Pengenal Importir (API) sebagaimana telah diubah beberapa kali terakhir dengan Permendag No.84/M-DAG/PER/12/2012. Permendag baru tersebut akan mulai berlaku pada 1 Januari 2016.

Kerugian dari kegagalan mengantisipasi resiko import dapat menyebabkan perusahaan mengalami kerugian bahkan kebangkrutan. Oleh karenanya pendekatan pengelolaan risiko pada saat ini berkembang secara pesat, baik pendekatan kualitatif maupun kuantitatif. Bagi entitas business atau importir professional, pengetahuan tentang pengelolaan risiko import prosedur ini menjadi sangat dibutuhkan. Pelatihan Risk Management In Import Business Procedure ini, didesain demi menjembatani business atau Importir professional untuk memahami teknik pengelolaan risiko Import mulai dari mengidentifikasikan hingga mengelolanya.

Risk management adalah serangkaian proses yang umum dilakukan perusahaan untuk mengantisipasi risiko yang mungkin muncul selama berjalannya bisnis itu sendiri.

Proses impor umumnya adalah kegiatan memasukan barang atau komoditas dari negara lain ke dalam negeri.

Menimbang cukup kompleknya materi pelatihan Risk Management In Import Business Procedure ini bagi peserta, dibutuhkan training provider yang berpengalaman di bidangnya agar tidak membuat peserta tidak menjadi cepat bosan dan jenuh dalam mendalami bidang teknik ini.

TUJUAN TRAINING MANAJEMEN RISIKO BISNIS UNTUK PRAKERJA

Dengan mengikuti pelatihan Risk Management In Import Business Procedure Peserta dapat berbagi pengetahuan / sharing knowledge mengenai Risk Management In Import Business Procedure dengan peserta dari perusahaan lain yang bergerak di bidang Risk Management In Import Business Procedure .

MATERI pelatihan manajemen risiko online Zoom :

Masa sebelum Import

1. Sejak merencanakan impor barang

* Verifikasi Barang yang akan di impor untuk mencari HS Code

* Memasukkan HS code yang dipilih ke e-service di www.insw.go.id untuk mengetahui syarat syarat impor

* Menyiapkan dokumen syarat syarat impor dokumen yang dibutuhkan,

Masa Pemesanan Barang Import

1. Setelah dokumen legal impor di lengkapi

* Pemesanan Barang (Purchase order)

* Pembuatan Kontrak jual beli ( sales contract )

* Pembukaan LC untuk pembayaran yang memakai LC

3. Pemilihan dan penunjukan vendor vendor

* Forwarding ( vendor untuk mengangkut barang dari luar negeri )

* PPJK – Pengusaha pengurusan jasa kepabeanan ( vendor untuk mengurusi kepabeanan di bea cukai, mengurusi mengurusi pembayaran di bank, mengurusi dokumen barang di forwarder atau pelayaran, mengambil barang di pelabuhan atau di gudang ).

Masa Pelaksanaan Import

1. Pengecekan dokumen pengapalan ke eksporter atau ke forwarder / shipping

2. Pembuatan dokumen pabean PIB, Pembuatan SSPCP, Melakukan pembayaran pajak dan bea masuk, dengan formulir SSPCP, di bank persepsi ( bank devisa)

3. Melakukan Transfer (on line )data PIB melalui sistem EDI.

4. Menunggu respons diari sistem komputer pabean (EDI), Penerimaan response atas PIB : Kuning (SPJK)– Hijau (SPPB) – Merah (SPJM)

5. Pengambilan DO di forwarding atau pelayaran

6. Penyerahan dokumen persyaratan impor kepada BC : SPPB,PIB, bukti bayar, SSPCP, (SKB pajak ppn, pph jika ada ), customs bond/STTJ jika ada, LC jika ada), Bill of lading, commercial invoice, asuransi, Dokumen lartas (ijin karantina, ijin perdagangan, laporan surveyor DLL jika ada ), Skep fasilitas jika ada, Data importer seperti: Kartu API, NIK, NPWP, TDP, Data PPJK : bukti penerimaan jaminan PPJK, skep PPJK, NPWP, Surat kuasa dan atau surat tugas.

7. Proses pembayaran biaya pelabuhan atau gudang, Pengeluaran barang serta delivery ke pabrik

8. Pengecekan dan Penghitungan Barang, Pengembalian peti kemas ke pihak pelayaran di depo empty container.

Studi Kasus / Praktek pemecahan masalah Risk Management In Import Business Procedure

METODE pelatihan manajemen risiko bisnis online Zoom :

1. Lecturing

2. Workshop

3. Konsultasi Interaktif

4. Tugas Individual dan Kelompok

Metode Training Risk Management In Import Business Procedure dapat menggunakan fasilitas training zoom atau training online, dan bisa juga training offline atau training tatap muka.

INSTRUKTUR pelatihan bisnis impor online Zoom :

Instruktur yang mengajar pelatihan Risk Management In Import Business Procedure ini adalah instruktur yang berkompeten di bidang Risk Management In Import Business Procedure baik dari kalangan akademisi maupun praktisi.

PESERTA

Eksekutif, supervisor, senior staf dibidang ekspor impor dari perusahaan – perusahaan yang melakukan ekspor impor, Perusahaaan Niaga / Industri / Pertambangan / Otomotif, BUMN dan Swasta, Bank BUMN, Swasta Nasional dan Asing, Perusahaan Asuransi, Perusahaan Pelayaran, dll.

Peserta yang dapat mengikuti training Risk Management In Import Business Procedure ini adalah staff sdm atau karyawan yang ingin mendalami bidang Risk Management In Import Business Procedure .

Karena kompleksnya pelatihan ini, maka dibutuhkan pendalaman yang lebih komprehensif melalui sebuah training. Dan menjadi sebuah kebutuhan akan training provider yang berpengalaman di bidangnya agar tidak membuat peserta menjadi cepat bosan dan jenuh dalam mendalami bidang teknik ini.

Jadwal Pelatihan tahun 2024

Batch 1 : 16 – 17 Januari 2024

Batch 2 : 8 – 9 Februari 2023

Batch 3 : 18 – 19 Maret 2024

Batch 4 : 17 – 18 April 2024

Batch 5 : 13 – 14 Mei 2024

Batch 6 : 4 – 5 Juni 2024

Batch 7 : 17 – 18 Juli 2024

Batch 8 : 5 – 6 Agustus 2024

Batch 9 : 11 – 12 September 2024

Batch 10 : 8 – 9 Oktober 2024

Batch 11 : 19 – 20 November 2024

Batch 12 : 10 – 11 Desember 2024

Jadwal tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan calon peserta

Lokasi Pelatihan

Yogyakarta

Jakarta

Bandung

Bali

Lombok

Catatan

Waktu pelatihan Dua+1* hari dengan Biaya tersedia untuk Perorangan, Group, dan Inhouse Training, belum termasuk akomodasi/penginapan.

Untuk biaya dan jadwal training harap menghubungi marketing kembali

Investasi training

Investasi pelatihan selama dua hari tersebut menyesuaikan dengan jumlah peserta (on call). *Please feel free to contact us.

Apabila perusahaan membutuhkan paket in house training, anggaran investasi pelatihan dapat menyesuaikan dengan anggaran perusahaan.

Fasilitas training:

Free Penjemputan dari bandara ke hotel*.

Modul / Handout.

Flashdisk*.

Certificate of attendance.

FREE Bag or bagpacker.