TRAINING ONLINE PRACTICAL WAREHOUSING AND INVENTORY MANAGEMENT

TRAINING WEBINAR MANAJEMEN PERSEDIAAN DAN PERGUDANGAN

TRAINING PENGENALAN PRACTICAL WAREHOUSING AND INVENTORY MANAGEMENT UNTUK PRAKERJA

pelatihan Practical Warehousing and Inventory Management online

    Deskripsi pelatihan manajemen persediaan dan pergudangan online

   Manajemen  logistik dan Pergudangan memegang peran yang sangat penting
    dalam kehidupan sebuah perusahaan. Barang yang disimpan di gudang bisa
    dalam  bentuk  bahan  baku,  barang  setengah jadi, suku cadang maupun
    produk  jadi. Peningkatan produktivitas dan pelayanan pergudangan akan
    sangat  berpengaruh  pada  performansi  perusahaan secara keseluruhan.
    Training   ini   akan  membahas  aspek  operasional  sistem  manajemen
    pergudangan.  Karena titik utama pembahasan adalah masalah operasional
    logistik  dan administrasi pergudangan, maka Training ini sangat cocok
    untuk  para  eksekutif perusahaan di tingkat operasional dan menengah.
    Di dalam pelatihan ini,selain aspek manajemen juga akan dibahas secara
    terinci  sistem  dan  prosedur  administrasi pergudangan, laporan yang
    harus   dihasilkannya   beserta  contoh  setiap  jenis  formulir  yang
    diperlukan.

Materi pelatihan pengenalan Practical Warehousing and Inventory Management online

    1. Peran   manajemen   logistik   dan  Pergudangan  dalam   kehidupan
        Perusahaan.
           + Pergudangan sebagai Subsistem dalam sistem logistik.
           + Objektif Manajemen logistik dan Pergudangan.
           + Fungsi fungsi manajemen logistik dan pergudangan.
           + Fungsi Pelayanan Sistem logistik dan Pergudangan.
           + Aktivitas gudang
           + Struktur Pergudangan
           + Pemilihan Lokasi Gudang
     2. Pemeriksaan/Pengujian  Barang.
           + Dasar Pemeriksaan Barang.
           + Sifat fisik barang kertas.
           + Kriteria Pemeriksaan total dan sampling.
           + Penentuan ukuran sample.
           + Pembuatan Berita Acara Pemeriksaan Barang.
     3. Administrasi Penerimaan Barang.
           + Prasyarat penerimaan barang.
           + Pembentukan team penerimaan barang.
           + Kriteria penerimaan barang.
           + Sistem dan Prosedur Administrasi Penerimaan Barang.
           + Dokumen penerimaan barang.
           + Berita Acara Penerimaan Sementara.
           + Berita Acara Penerimaan Barang.
           + Penyusunan laporan transaksi barang.
           + Rekomendasi.
     4. Administrasi dan Teknik Penyimpanan Barang.
           + Sistem dan Prosedur Administrasi Penyimpanan Barang.
           + Dokumen yang digunakan untuk penyimpanan barang.
           + Tatacara Pengisian Kartu Barang.
           + Kode Lokasi Barang.
           + Tatacara Pengisian Kartu Administrasi Persediaan
           + Tatacara perhitungan nilai persediaan barang
     5. Teknik Penyimpanan Barang Berukuran Kecil.
     6. Pengelolaan barang yang disimpan menggunakan karton (full-case)
     7. Tata letak (Lay Out) Gudang.
     8. Akuntansi Persediaan.
           + Aktivfitas unloading barang ukuran kecil.
           + Pengendalian kualitas dan kuantitas.
           + Packaging.
           + Identifikasi produk.
           + Teknik penyimpanan dan pelayanan pelanggan
           + Pengendalian persediaan.
           + Authomatic identification method
           + Manfaat penyimpanan barang menggunakan karton.
           + Order-pick methods.
           + Teknik pengaturan penyimpanan menggunakan karton.
           + Identifikasi posisi karton dan pallet.
           + Pedoman umum pengaturan tata letak gudang.
           + Beberapa alternatif tata letak gudang.
           + Hubungan tataletak dan material handling.
           + Peran akuntansi dalam pengelolaan persediaan.
           + Kontrol  intern dilihat dari segi organisasi serta sistem dan
             prosedur administrasi pergudangan.
           + Perhitungan biaya material dengan metoda FIFO (First in First
             Out), LIFO (Last in First Out), dan AVERAGE.
           + Laporan persediaan yang diperlukan akuntansi.
     9. Laporan Sistem Pergudangan.
    10. Laporan status persediaan.
           + Laporan Transaksi Barang.
           + Klasifikasi  Barang.
           + Statistik Pemakaian Barang.
           + Laporan Perhitungan Inventory Control.
    11. Inventory  Control  Techniques  dan  JIT  (Just in Time) inventory
        management
           + Klasifikasi persediaan.
           + Biaya persediaan.
           + Sistem pengendalian persediaan.
           + Economic order quantity; Reorder point dan Safety Stock untuk
             Independent – material
           + Fixed order period inventory system
           + JIT inventory management.
    12. 11.  Inventarisasi dan auditing persediaan
           + Manfaat inventarisasi persediaan.
           + Teknik inventarisasi persediaan.
           + Inventarisasi total dan inventarisasi sebagian.
           + Laporan Hasil inventarisasi.
    13. 12.    Sistem   Informasi   dan   Komputerisasi  Sistem  Manajemen
        Pergudangan
           + Perbedaan data dan informasi pergudangan.
           + Apa yang dimaksud dengan sistem informasi manajemen.
           + Pembentukan Master File Kodifikasi Barang.
           + Pembentukan Master File Persediaan di Gudang.
           + Penentuan Kode Lokasi Barang.
           + Teknik Pencatatan Transaksi Barang.
    14. 13. Studi kasus dan Praktek software inventory management.

Metoda pelatihan konsep manajemen pergudangan online

   Ceramah,diskusi,  studi  kasus dan praktikum  QSB (Quantitative System
    for Business).

Yang seharusnya hadir

   Manajer  logistik  dan  staff,  manajer  pergudangan dan staff,manajer
    pengadaan  dan staff, manajer keuangan dan staff, manajer Supply Chain
    dan  staff  serta  semua posisi yang erat hubungannya dengan manajemen
    persediaan dan pergudangan.

Jadwal Pelatihan ruang-training.co.id tahun 2024 :

Batch 1 : 16 – 17 Januari 2024

Batch 2 : 8 – 9 Februari 2023

Batch 3 : 18 – 19 Maret 2024

Batch 4 : 17 – 18 April 2024

Batch 5 : 13 – 14 Mei 2024

Batch 6 : 4 – 5 Juni 2024

Batch 7 : 17 – 18 Juli 2024

Batch 8 : 5 – 6 Agustus 2024

Batch 9 : 11 – 12 September 2024

Batch 10 : 8 – 9 Oktober 2024

Batch 11 : 19 – 20 November 2024

Batch 12 : 10 – 11 Desember 2024

Jadwal tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan calon peserta

Lokasi Pelatihan Tahun 2021 :

Yogyakarta, Hotel Dafam Seturan(7.300.000 IDR / participant)

Jakarta, Hotel Amaris Tendean (7.900.000 IDR / participant)

Bandung, Hotel Golden Flower (7.800.000 IDR / participant)

Bali, Hotel Ibis Kuta (8.500.000 IDR / participant)

Lombok, Hotel Jayakarta (8.750.000 IDR / participant)

Catatan :

  • Waktu pelatihan Dua+1* hari dengan Biaya tersedia untuk Perorangan, Group, dan Inhouse Training, belum termasuk akomodasi/penginapan.
  • Untuk biaya dan jadwal training harap menghubungi marketing kembali

Investasi training:

Investasi pelatihan selama dua hari tersebut menyesuaikan dengan jumlah peserta (on call). *Please feel free to contact us.

Apabila perusahaan membutuhkan paket in house training, anggaran investasi pelatihan dapat menyesuaikan dengan anggaran perusahaan.

Fasilitas training:

Free Penjemputan dari bandara ke hotel*.

Modul / Handout.

Flashdisk*.

Certificate of attendance.

FREE Bag or bagpacker.