Training Journalistic dan Komunikasi Perusahaan

Training Teknik Reportase dan Wawancara Journalistic Corporate

pelatihan Journalistic and Corporate Communications online

Training Journalistic and Corporate Communications, Dalam situasi kompetisi yang kian ketat, sebuah perusahaan dalam berbagai bidang perlu meningkatkan kemampuan berkomunikasi baik kepada pihak eksternal maupun internal. Pihak manajemen korporasi mempunyai tanggung jawab untuk bisa berkomunikasi, untuk meningkatkan penjualan maupun membangun citra yang bagus di mata masyarakat.

 

Dengan makin banyak dan beragamnya media, termasuk media sosial, sebuah perusahaan harus peka terhadap isu-isu yang berkembang di media untuk meminimalisasi risiko terhadap perusahaan akibat eksploitasi media. Guna lebih memahami media, perlu pemahaman tentang jurnalistik.

 

Jurnalistik pun menjadi kian diperlukan perusahaan setelah cara ini menjadi strategi baru dalam bidang pemasaran sekaligus kehumasan. Cara ini sering disebut corporate jurnalism. Dengan jurnalisme perusahaan, sebuah perusahaan tidak hanya memasang iklan atau spanduk untuk berkomunikasi dengan klien atau konsumennya. Perusahaan juga memproduksi sekaligus menyebarkan sendiri berita, artikel, atau feature tentang produk dan aktivitasnya kepada publik melalui media yang mereka miliki.

 

Strategi baru ini juga bisa untuk mengimbangi berita-berita yang ada

di media utama. Organisasi besar dan kecil kini tidak lagi mesti

bergantung pada media utama untuk mengomunikasikan berita. Perusahaan

bisa secara langsung dan efektif kepada publik.

 

Sebuah perusahaan dapat menerbitkan buletin, majalah, atau tabloid

untuk menyebarkan beritanya. Perusahaan juga bisa memanfaatkan

media-media online seperti website/blog, atau pun media sosial.

 

Karena itu, perlu ada unit atau divisi khusus untuk mengelolanya,

termasuk semacam “News Room”. Interaksi dengan publik (klien) akan

intensif, seperti menanggapi keluhan, pertanyaan, atau pesanan

(order).

 

Dengan demikian, sebuah perusahaan juga dituntut untuk mampu

“mengundang” pembaca sehingga berita yang mereka publikasikan itu

dibaca sebanyak mungkin orang, sebagaimana pembaca media pada umumnya.

Untuk itu, dibutuhkan kreativitas dalam jurnalisme perusahaan dalam

hal manajemen medianya.

 

Melalui pelatihan ini, peserta akan dimampukan :

 

Memahami pentingnya jurnalistik untuk kepentingan perusahaan

Mengetahui manajemen keredaksian

Memahami fungsi dan aplikasi jurnalisme

Menguasai praktek menulis

Menguasai permasalahan organisasi dan solusi melalui jurnalistik

OUTLINE

Sesi 1: Jurnalistik dan Strategic Corporate Communications

Dalam sesi ini akan dibahas tentang hubungan antara strategic

communications dan media relations baik eksternal maupun internal.

 

Sesi 2: Proses Kerja Jurnalistik & Manajemen Media.

Dalam materi ini akan disampaikan tentang dasar-dasar jurnalistikm dan

manajemen keredaksian, termasuk memiilih bahan baku media dan proses

kerja jurnalistik

 

Sesi 3: Teknik Reportase dan Wawancara

Dalam materi ini akan disampaikan cara-cara melakukan reportase dan

wawancara. Mulai dari persiapan hingga pelaksanaan

reportase/wawancara. Materi akan disertai dengan contoh-contoh.

 

Sesi 4: Teknik Penulisan.

Dalam materi ini akan disampaikan tentang teknik-teknik untuk menulis

hardnews, softnews, dan feature, serta opini. Pada materi ini juga

akan diulas tentang bahasa jurnalistik

 

Sesi 5: Praktek/Simulasi Reportase/Wawancara.

Pada bagian ini akan diadakan simulasi reportase/wawancara bagi

peserta pelatihan. Hasil reportase/wawancara akan digunakan sebagai

materi untuk praktek penulisan

 

Sesi 6: Praktek Menulis.

Pada bagian ini akan diadakan simulasi menulis dengan materi dari

praktek reportase/wawancara

 

Sesi 7: Fotografi Jurnalistik.

  • Dasar umum fotografi
  • Fotografi jurnalistik VS Salon
  • Komponen dalam objek foto
  • Frame dan coverage
  • Sikap dasar fotografer jurnalistik

 

Sesi 8: Evaluasi

Evaluasi tulisan meliputi antara lain struktur kalimat, logika

kalimat, dan gaya bahasa.

 

 

Jadwal Pelatihan tahun 2024

 

Batch 1 : 16 – 17 Januari 2024

 

Batch 2 : 8 – 9 Februari 2023

 

Batch 3 : 18 – 19 Maret 2024

 

Batch 4 : 17 – 18 April 2024

 

Batch 5 : 13 – 14 Mei 2024

 

Batch 6 : 4 – 5 Juni 2024

 

Batch 7 : 17 – 18 Juli 2024

 

Batch 8 : 5 – 6 Agustus 2024

 

Batch 9 : 11 – 12 September 2024

 

Batch 10 : 8 – 9 Oktober 2024

 

Batch 11 : 19 – 20 November 2024

 

Batch 12 : 10 – 11 Desember 2024

 

Jadwal tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan calon peserta

 

Lokasi Pelatihan

Yogyakarta, Hotel Dafam Seturan(7.300.000 IDR / participant)

Jakarta, Hotel Amaris Tendean (7.900.000 IDR / participant)

Bandung, Hotel Golden Flower (7.800.000 IDR / participant)

Bali, Hotel Ibis Kuta (8.500.000 IDR / participant)

Lombok, Hotel Jayakarta (8.750.000 IDR / participant)

 

Catatan

 

Waktu pelatihan Dua+1* hari dengan Biaya tersedia untuk Perorangan, Group, dan Inhouse Training, belum termasuk akomodasi/penginapan.

Untuk biaya dan jadwal training harap menghubungi marketing kembali

Investasi training

 

Investasi pelatihan selama dua hari tersebut menyesuaikan dengan jumlah peserta (on call). *Please feel free to contact us.

 

Apabila perusahaan membutuhkan paket in house training, anggaran investasi pelatihan dapat menyesuaikan dengan anggaran perusahaan.

 

Fasilitas training:

Free Penjemputan dari bandara ke hotel*.

Modul / Handout.

Flashdisk*.

Certificate of attendance.

FREE Bag or bagpacker.